back

Pelopor Keselamatan Berkendara bersama ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak

Senin, 27/11/2017

Tangerang-Banten: PT Marga Mandalasakti dengan brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak kembali mensosialisasikan program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu-lintas” (IAABL) melalui kegiatan Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas pada hari Sabtu (9/11) di Main Atrium Tangerang City Mall Tangerang, Banten. Direktur Teknik dan Operasi PT Maga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto hadir membuka acara ini, didampingi Korps Lalu Lintas Polri sebagai mitra pelopor keselamatan dan Metropolitan Expressway Company Limited yang sejak 2010 sudah menjalin kerjasama dalam kampanye keselamatan melalui program Tokyo Smart Driver. Selain dihadiri oleh komunitas roda empat, acara ini pun dihadiri oleh NTMC Polri dan The Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai perwakilan dari Duta Besar Jepang.
Bertemakan "Be a Hero Be a Road Safety Pioneer" acara ini bertujuan untuk mengajak pengguna jalan khususnya ratusan pengendara yang tergabung dari 10 komunitas roda empat wilayah Banten dan sekitarnya yang hadir di acara ini untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berkendara. Kampanye keselamatan kali ini menampilkan Pembalap Nasional Perempuan yaitu Alexandra Asmasoebrata dan Kepala Pendidikan Pelayanan Masyarakat (Dikyasa Korlantas Polri) AKBP Bambang sebagai narasumber.
Dalam kegiatan yang dikemas dalam talkshow dan dialog interaktif ini, Alexandra sebagai ikon pembalap perempuan Indonesia berbagi pengalamannya sebagai pembalap terkait defensive driving kepada para komunitas roda empat dan pengunjung Tang City Mall yang antusias menyaksikan penuturannya.
ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak kali ini memprioritaskan pengendara perempuan, dengan hadirnya 10 komunitas yang terdiri dari Ladies Car Community Indonesia (LCCI), Toyota Avanza Club Indonesia (TACI), Honda Brio Club Indonesia (HBCI), Honda Jazz Club Indonesia (HJCI), GALACI (Agya Ayla Club Indonesia), Terios Rush Club Indonesia (TERUCI), Innova Community, Ertiga Club Indonesia (ERCI) dan Mobilio Indonesia Club (MoI) serta Banten Fortuner Club. Diharapkan para komunitas roda empat khususnya para ladies driver ini dapat menjadi panutan dalam tertib berkendara bagi pengguna jalan lainnya.
Melengkapi pemahaman akan peraturan lalu lintas, para komunitas diajak untuk mengikuti games interaktif serta tantangan untuk mempublikasikan kegiatan kampanye mereka kepada pengunjung mall dengan mengajak menjadi pelopor keselamatan dan diunggah pada microsite Indonesia Ayo Aman Berlalu-lintas yang ada.
Melalui berbagai games edukatif diharapkan kesadaran tertib berkendara bukan hanya sekedar dijalankan namun sebagai kebutuhan. Pada kesempatan itu juga, Sunarto secara simbolis menyematkan kaos dan pin IAABL kepada perwakilan komunitas yang hadir sebagai apresiasi kepada pengguna jalan yang sudah tertib dan aman berkendara.
Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk mensosialisasikan cara berkendara yang aman dan pemahaman akan rambu-rambu lalu lintas namun juga mengajak komunitas kendaraan roda empat untuk berkomitmen taat berkendara dan mewujudkan Indonesia yang aman dan tertib berlalu lintas.
“Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak terhadap keselamatan berkendara. Kami juga berkomitmen untuk mendukung program Korlantas Polri menuju Indonesia Tertib Bersatu Keselamatan Nomor 1 yaitu dalam bentuk program kampanye keselamatan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas,” jelas Rury Purwantoko, Kepala Departemen Environment, Social and Responsibility.
Kampanye keselamatan ini, bukanlah pertama kali digelar pada tahun ini. Menjelang mudik lebaran di bulan Juni lalu, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga telah melaksanakan Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas dengan menggandeng komunitas roda empat se-Banten. Kegiatan ini tentunya didorong atas rasa kepedulian ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak terhadap pentingnya keselamatan. Diharapkan, acara kampanye keselamatan yang rutin dihelat ini mampu mengingatkan bahwa faktor dominan kecelakaan di jalan tol adalah dari pengemudi itu sendiri.
“Berkendara di jalan tol itu cukup beresiko karena kendaraan cenderung berkecepatan tinggi dan pengendara rawan lelah serta mengantuk, sehingga memerlukan kesiapan, baik pengemudi maupun kendaraannya harus dalam kondisi prima. Untuk itu, melalui Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas, kami menghimbau pengguna jalan untuk mengetahui dan mematuhi rambu lalu lintas serta memanfaatkan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan yang telah disediakan,” kata Sunarto.
Dukungan dari Korps Lalu Lintas Polri sebagai mitra pelopor keselamatan berkendara pun melengkapi kegiatan ini dengan menjadi salah satu pemandu acara dan menghadirkan penampilan dari NTMC Voice yang merupakan grup penyanyi Polisi Wanita.
Selain itu, sejak tahun 2010, MMS telah membina kerjasama dengan Metropolitan Expressway Company Limited (Shutoko) - MEX, pengelola jalan tol di wilayah Tokyo, Jepang yang telah memperkenalkan Program Smart Driver yang merupakan program berkesinambungan dari Tokyo Smart Driver, program keselamatan berlalu lintas kepada pengguna jalan tol. Bahkan, kita juga membuat lagu bertemakan keselamatan berlalu lintas, sebagai bentuk dukungan perilaku aman berlalu lintas di jalan. Tak hanya itu, hasil dari kerjasama ini, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga telah mengimplementasikan beberapa program baik dalam hal peningkatan kualitas jalan maupun operasional jalan tol
Mendukung komitmen ini, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga senantiasa meningkatkan berbagai pelayanan. Tersedia layanan pendukung bagi pengguna jalan tol antara lain, 6 unit ambulance, 2 unit rescue truck, 5 unit kendaraan Patroli, 10 Truck Derek, 2 kendaraan manlift, 17 Variable Message Sign (VMS), 45 unit closed-circuit television (CCTV), 1.666 unit Penerangan Jalan Umum dan 65 Lampu Peringatan yang terpasang sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak. Tersedia juga Tempat Istirahat dan Pelayanan di KM 68 dan KM 43 arah Merak dan KM 68 dan KM 45 arah Jakarta.
Dengan diadakannya Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi aturan dan rambu lalu lintas di jalan, serta dapat bersinergi mewujudkan jalan Tol Tangerang-Merak yang lancar, aman dan nyaman. Indonesia, Ayo Aman Berlalu-lintas!