back

ASTRA Tol Tangerang-Merak Peringati Hari Anak Nasional

Senin, 23/07/2018

Tangerang – Banten: Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 23 Juli 2018, ASTRA Tol Tangerang-Merak mengajak 60 siswa dari 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan terdiri dari SDN Pejaten 1, SDN Pegadingan 1, SDN Pegadingan 2, SDN Gempol, SDN Dermayon dan SDN Margasana di wilayah Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang Banten untuk mengenali Tol Tangerang-Merak dalam program Toll Road Tour (TRT).


Kegiatan ini merupakan bagian dari program kontribusi kepada masyarakat dalam rangka memberikan edukasi serta kampanye keselamatan kepada sekolah binaan ASTRA Tol Tangerang-Merak. Pada 24 Juli 2017 ASTRA Tol Tangerang-Merak bersama Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim telah melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serang dalam bidang pendidikan. Kerjasama tersebut merupakan upaya untuk mencapai peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekitar Ruas Tol Tangerang-Merak.


Kegiatan TRT ini dihadiri oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Kecamatan Kramatwatu, Serang serta Kepala Divisi Hukum & Humas PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) Indah Permanasari dan Kepala Departemen Environment and Social Responsibility, Rury Purwantoko di Kantor Operasional Ciujung.


Peringatan HAN yang dikemas dalam program TRT merupakan salah satu upaya ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam pembinaan dan pengembangan siswa dari aspek kognitif untuk memahami dan mengenal lebih jauh terkait peraturan dan perambuan yang berlaku di jalan tol, serta dampak yang ditimbulkan dari adanya pelanggaran.


TRT ASTRA Tol Tangerang-Merak sudah berjalan sejak tahun 2015 ini merupakan salah satu strategi komunikasi perusahaan kepada masyarakat dalam memperkenalkan proses bisnis, layanan, fasilitas dan inovasi teknologi yang diterapkan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak.


Kegiatan ini diawali dengan memberikan penjelasan kepada para siswa mengenai layanan dan fasilitas yang ada di sepanjang tol yang dapat dilihat secara langsung saat para siswa berkendara dari sekolah di Kramatwatu menuju kantor Ciujung. Para siswa tidak hanya mendapatkan materi terkait dengan keselamatan mengenai aturan-aturan yang berlaku di jalan tol, juga bagaimana tertib berlalu lintas di jalan raya seperti menyeberang jalan, mengendarai kendaraan di jalan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta beberapa hal terkait keamanan berlalu lintas.


Materi yang dikemas dalam permainan edukatif dan interaktif ini membuat para siswa antusias mengikuti kegiatan TRT. Sosialisasi elektronifikasi pembayaran tol pun diperkenalkan dengan menunjukkan kartu uang elektronik yang dapat digunakan di Jalan Tol Tangerang-Merak.


Tujuan pengenalan uang elektronik ini merupakan langkah edukasi dini kepada anak agar para siswa dapat membantu memberikan pemahaman kepada lingkungannya terkait kewajiban pengguna jalan tol dalam bertransaksi menggunakan uang elektronik di jalan tol.


Dengan dilakukannya kegiatan interaktif bersama dengan siswa SD binaan, keberadaan ASTRA Tol Tangerang-Merak diharapkan dapat dirasakan manfaatnya dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Banten.