back

ASTRA Tol Tangerang-Merak Raih 2 Penghargaan TOP CSR Awards 2020

Kamis, 30/07/2020

Tangerang (30/07): ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak kembali meraih penghargaan dalam ajang TOP CSR Awards 2020. Sebanyak 2 penghargaan didapatkan dalam kategori TOP CSR Awards 2020 Star 4 serta TOP Leader on CSR Commitment 2020 yang dianugerahkan kepada Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Kris Ade Sudiyono.

Penghargaan ini secara simbolis diterima oleh Rinaldi, Direktur Teknik & Operasi PT Marga Mandalasakti didampingi oleh Uswatun Hasanah, Kepala Departemen Environmental Social Responsibility (ESR) PT Marga Mandalasakti, pada tanggal 29 Juli 2020 di Jakarta. Sebelumnya telah dilakukan penjurian dengan penilaian menggunakan tiga aspek utama, yakni aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang Social Responsibility, aspek Good Corporate Governance (GCG) dan aspek keselarasan program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan strategi serta daya saing bisnis perusahaan.

ASTRA Tol Tangerang-Merak dinilai memiliki tiga aspek penjurian pada program CSR yang telah diimplementasikan pada masyarakat jalan Tol Tangerang-Merak. ASTRA Tol Tangerang-Merak selalu menekankan pada 4 pilar utama yang terdiri atas Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Sebagai bentuk sinergi dari 4 pilar utama tersebut, ASTRA Tol Tangerang-Merak mengembangkan program desa / kampung binaan yang merupakan implementasi dari program Kampung Berseri ASTRA (KBA). Sampai dengan saat ini, sudah ada 2 KBA sebagai binaan ASTRA Tol Tangerang-Merak, yaitu Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang yang merupakan kampung percontohan sejak tahun 2018 lalu, kemudian Desa Cikuasa yang berada di Kecamatan Grogol, Kelurahan Gerem, Banten yang mulai dilakukan pembinaan tahun 2020 ini.

Rinaldi menyampaikan bahwa program tanggung jawab sosial ASTRA Tol Tangerang-Merak selaras dengan misi perusahaan dan sebagai bentuk kontribusi sosial dalam membentuk pengembangan komunitas masyarakat. “Program CSR kami menjadi program yang sangat strategis sebagai bentuk inisiatif untuk mewujudkan peningkatkan taraf hidup masyarakat melalui community development”, jelas Rinaldi.

Melalui program KBA, ASTRA Tol Tangerang-Merak bersinergi bersama masyarakt untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, cerdan dan produktif serta mandiri. Dalam pilar Pendidikan telah dilakukan pembangunan Rumah Pintar (Rumpin) dan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Program pembinaan posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pembangunan sanitasi air menjadi bagian dari pilar kesehatan.

Pada pilar lingkungan, program pengelolaan sampah terpadu dengan membuat bank sampah dan kompos, membangun zona penghijauan dan pemberdayaan tanaman atau bank bibit. Masyarakat juga diberikan pembinaan dalam membangun rumah berseri sebagai bentuk ketahanan pangan, sebanyak 25 rumah sudah menghasilkan tanaman dan sayur yang bisa memenuhi kebutuhan sendiri.

Dalam pilar kewirausahaan diwujudkan dengan program pemberdayaan UMKM masyarakat setempat dengan melakukan pembinaan untuk menghasilkan produk kreasi pemanfaatan barang bekas berdaya jual. Sebanyak 3 UMKM yang telah berhasil dibina dan menghasilkan produk berdaya jual.

“Tentunya program CSR ini tidak akan tumbuh dan berkembang jika tidak ada peran aktif dari masyarakat desa dan didukung oleh pemerintah desa setempat. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan aparatur desa yang telah mendukung keberlangsungan program kami. Hal ini merupakan wujud komitmen kami untuk tumbuh sinergis berdampingan dengan membawa manfaat untuk masyarakat”, kata Rinaldi.