back

Penghijaun Taman Akses Sertim, ASTRA Tol Tangerang-Merak Kembali Tanam Pohon Buah Langka

Selasa, 17/08/2021

Serang (17/8) Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 76 kemerdekaan Indonesia, ASTRA Tol Tangerang-Merak melakukan penanaman pohon buah langka (Pranaraksa) secara seremonial dan terbatas di Area Taman Akses Serang Timur, pada 17 Agustus 2021.
Penanaman pohon ini merupakan bagian dari pembangunan fasilitas taman akses Serang Timur yang rencananya akan difungsikan sebagai fasilitas umum yang dilengkapi dengan area komersil yang nantinya akan diisi oleh UMKM.

“Hari Ini kita melakukan penanaman buah langka di area Taman Akses Sertim, selain untuk penghijauan, penanaman ini juga bentuk komitmen Astra Tol Tangerang-Merak dalam mempertimbangkan konservasi lingkungan melalui program konservasi tanaman langka nusantara (Pranaraksa),” kata Direktur PT Marga Mandalasakti, Adhi Resza.

Selain menggunakan tanaman langka sebagai penghijauan, Taman Akses Sertim ini juga akan menggunakan panel surya sebagai sumber listrik dan pencahayaan. Hal tersebut merupakan penerapan green building yang ramah lingkungan di lingkungan ASTRA Tol Tangerang-Merak.

Perlu diketahui, bahwa ASTRA Tol Tangerang-Merak tengah melakukan revitalisasi akses Serang timur dengan membangun fasilitas publik berupa jogging track yang nantinya bisa dinikmati oleh warga Serang dan sekitarnya.

“Untuk melengkapi itu kami juga membangun area komersial untuk mendukung ekonomi masyarakat. Keterlibatan pengusaha lokal seperti UMKM dan Binaan ASTRA Tol Tangerang-Merak atau pelaku usaha lainnya yang memenuhi syarat dapat mengisi area komersial tersebut seperti kedai makanan, minuman, kerajinan atau oleh-oleh dan lainnya ," ungkapnya.

Jogging track itu, lanjut dia, dapat dipergunakan oleh masyarakat sebagai sarana olahraga dan rekreasi setiap akhir pekan. Juga dapat dinikmati oleh pengguna jalan lainnya untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Terdapat sarana ibadah dan areal parkir yang cukup memadai untuk sepeda, motor, mobil hingga bus.

Rencananya, taman tersebut akan rampung dan diresmikan pada Bulan Oktober ini, berte[atan dengan ulang tahun Tol Tangerang-Merak. Adhi Resza berharap, kedepan masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik. “Tentunya, kami juga berharap masyarakat bisa menjaganya Bersama-sama agar tetap terawat dan nyaman untuk digunakan Bersama,” tutupnya.